Jumat, 04 Maret 2011

tawur agung

kemaren sore (03/03) diajak salah seorang teman saya "sambel gedeg" untuk memotret tawur agung di prambanan, saya okekan sajalah ajakan tersebut. MESKIPUN...saya tidak bisa memotret :(
saya lebih tertarik untuk melihat dan menikmati prosesi tersebut.

u kno kan ya, acara segede itu pasti banyaaak bangeed persnya. mau ambil foto, sikut sana sikut sini. mana saya cuma pake lensa kit *YA KARENA ITU DOANG YANG ADA* :(((
YASUDAHLAH...YG PENTING KAN UDAH MENCOBA



kotak amal tawur agung




salah satu dari ogoh*



lupa nama tarianya.hhe


Jadi, tawur agung adalah salah satu prosesi upacara yang digelar dalam rangkaian menyambut Hari Raya Nyepi Caka 1933. Upacara tersebut digelar sebagai penyucian diri untuk memperingati Hari Raya Nyepi. Ribuan hingga puluh ribuan umat Hindhu di sekitar Jawa berkumpul di candi Prambanan, candi Hindu terbesar untuk mengikuti prosesi upacara ini tiap tahunya.
Upacara Tawur Agung Kesanga atau Bhuta Yadnya bertema Kelud Yama Raja Dirghayusa Bumi diisi dengan prosesi tarian massal, yaitu tari Rejang Dewa yang dibawakan oleh sekitar 100 penari dan Baris Tabuh serta Panca Maha Bhuta. Selain itu juga diarak Ogoh-ogoh dan gunungan.
Sebelumnya diadakan prosesi doa di Candi Brahma, Wisnu dan Siwa. Kemudian "Mendak Tirta" yaitu pengambilan air suci dari sumber air di dekat Candi Brahma.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar